Wisata Pantai Pulau Merah

Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Salah Satu Pantai Terindah di Banyuwangi

Buat yang pernah ke Banyuwangi pasti enggak asing lagi dengan Pulau Merah. Atau bahkan mungkin Pulau Merah menjadi pantai pertama kalian di Banyuwangi. Beberapa hari setelah hari raya Dinas Pariwisata Banyuwangi merilis data wisata di Banyuwangi dengan kunjungan terbesar selama hari raya ini. Yang pertama sudah jelas Pulau Merah dan kedua diduduki oleh Hutan Djawatan yang hutannya mirip dengan hutan yang ada di film Lord of The Ring

Wisata Pantai Pulau Merah
Wisata Pantai Pulau Merah
Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Ok dalam artikel kali ini kita akan membahas Pulau Merah mulai dari lokasi Pulau Merah, akses jalan kesana, harga tiket masuk, penginapan di Pulau Merah, dan lain-lain. Ok tanpa lama-lama langsung cusss aja gan.

Lokasi Pulau Merah

Pulau Merah berlokasi di sisi selatan Banyuwangi. Jaraknya dari kota Banyuwangi sekitar 2 jam jika menggunakan mobil. Berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Akses jalan kesana juga tidak sulit setara dengan jalan kota. Hanya sekitar beberaoa ratus meter saja yang sepertinya belum diperbaiki. Titik tersebut dimulai dari depan kantor tambang BSI agak ke selatan. Namun kalian semua enggak perlu khawatir karena rusaknya tidak terlalu parah. Hanya mungkin ketika musim hujan agan perlu sedikit waspada karena sering banjir disekitar ruas menuju Pulau Merah. Lokasinya pun mudah ditemui gan. Mulai dari Jajag sudah ada plakat di jalan yang mengarahkan kita ke Pulau Merah. Selain itu di Google Maps juga mudah kita temui lokasi Pulau Merah.
Wisata Pantai Pulau Merah
Wisata Pantai Pulau Merah
Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Harga Tiket Masuk Pulau Merah

Harga tiket masuk Pulau Merah bisa dikatakan murah ya gan. Harga normalnya di hari biasa hanya sekitar Rp. 5.000 sementara untuk high season seperti hari raya naik menjadi Rp. 10.000. Namun untuk harga segitu masih dibilang worth it sekali lah. Sepanjang pantai Pulau Merah tempatnya juga bersih. Makanan disana juga masih murah meriah. Disana juga terdapat banyak fasilitas seperti toilet, mushola, bahkan supermarket. Sementara untuk caffe sangat banyak disana gan khususnya yang menjual menu ikan bakar.

Homestay dan Hotel di Pulau Merah

Di pulau merah sendiri banyak sekali homestay yang bisa kita temui gan. Jumlah ada puluhan dan kita tinggal memilih sesuai dengan pilihan kita. Harganya juga relatif. Ada yang murah-murahan sekelas untuk para backpacker sampai yang sekelas villa lengkap dengan ac + tv. Di sepanjang pantainya juga ada wisma atau semacam pondokan yang bisa kita gunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Wahana Wisata Pantai Pulau Merah

Disana ada beberapa kegiatan yang bisa kalian ikuti gan. Ada beberapa orang yabg menyewasa surf-board yang bisa kalian gunakan untuk surfing. Surfing disana tidak hanya bagi yang sudah bisa gan, bagi kalian yang belum pernah mencoba juga bisa mencobanya. Akan ada guide yang menemani kalian selama kalian belajar surfing disana. Selain itu juga ada tower pengawas dimana disana ada petugas yang mengawasi seluruh pengunjung yang berkegiatan di laut. Jadi lebih safety gan.
Selain surfing juga ada jasa angkutan perahu yang siap mengantarkan kalian berkeliling sekitar laut di Pulah Merah. Jelas ini akan menjadi pengalaman yang unik karena view di Pulau Merah sangat indah karena ada bukit di tengah laut. Ini menjadi ide bagus buat kalian yang suka membuat video karena pemandangannya yang indah dan tidak ada duanya.

Pemandangan Pulau Merah

Wisata Pantai Pulau Merah
Wisata Pantai Pulau Merah
Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Nama Pulau Merah berasal dari sebuah bukit di tengah laut yang tingginya sekitar 200 meter. Di bukit itu sendiri mempunyai tanah yang bewarna kemerah-merahan. Selain itu pulau ini juga bisa kita kunjungi ketika laut surut. Sekitar pukul 3 sore sampai 5 sore. Setelah itu laut akan pasang. Jadi buat kalian ketika berkunjung kesana dan ingin mendekati pulau ini harap perhatikan jam ya gan, hehe.

Kalian bisa melihat refrensi pengambilan foto di Pulau Merah pada artikel ini: “10 Gambar Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Selain itu sunset di pulau merah juga cukup bagus. Terlebih saat langit bersih tanpa awan. Di sebelah barat terlihat susunan berapa pulau kecil semacam bukit ditengah laut pulau merah ini juga. Ketika sunset datang pemandangannya akan sangat indah saat celah-celah sinar matahari menembus beberapa pulau kecil disisi sebelah barat.
Pulau Merah ini sangat saya rekomendasikan bagi kalian yang ingin berakhir pekan dengan santai. Tempatnya saya jamin sangat bersih. Pengelolannya juga teratur. Ada petugas yang mengawasi kita maupun keluarga kita. Makanan disana juga murah-murah karena tidak mematok harga bule seperti yang dilakukan oleh kebanyakan pedagang di pantai bali. So kurang apalagi? Yakin enggak ingin ke Pulau Merah Banyuwangi? Hehe.
Sekian dulu artikel ini. Jika ada pertanyaan seputar akses ke Pulau Merah Banyuwangi ataupun hal lainnya silahkan berkomentar dibawah ya gan. Admin selalu aktif dan siap membantu menjawab permasalahan kalian kok 😉 hehe. Terima kasih.

 

Ulasan
Review Date
Reviewed Item
Semoga wisata Banyuwangi termasuk Pulau Merah bisa terus maju dan berkembang.
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *