Review Tenda Naturehike Professional 2P

Review Tenda Naturehike Professional Series 2P

Review Tenda Naturehike Professional Series 2P
Review Tenda Naturehike Professional Series 2P

Beberapa waktu yang lalu Naturehike merilis model tenda terbaru untuk produk mereka. Outernya berbahan dasar 210T anti-tear polyester fabric denga inner half-mesh, dan tenda ini diberi nama Naturehike P Series atau Tenda Naturhike Professional. Pada dasarnya tenda ini mulai menerapkan konsep-konsep ultralight dalam pembuatannya, namun didesain juga agar akhir finalnya dijual harga on-budget.

Spesifikasi Tenda Naturehike Professional Series

MODEL NO. NH18Z022-P NH18Z033-P NH18Z044-P
COLOR sea blue, orange,
green,
sky blue, White
SERIES P2 P3 P4
PEOPLE 2 man 3 man 4 man
TENT FLY MATERIAL 210T polyester fabric
POLES MATERIAL 7001 aluminum
ACCESSORIES ABS
INNER MATERIAL 210T polyester fabric
MESH MATERIAL B3 breathable mesh
TENT BOTTOM MATERIAL 150D oxford cloth
TENT FLY WATERPROOF INDEX PU3000MM
TENT BOTTOM WATERPROOF INDEX PU3000MM
NET WEIGHT 1800g 2000g 2300g
PEG+WIND ROPES 200g
MAT WEIGHT 120g
Review Tenda Naturehike Professional 2P
Review Tenda Naturehike Professional Series 2P

Untuk series Professional ini sendiri Naturehike memberi 3 model kapasitas. Yang pertama 2 person, kedua 3 person, dan ketiga 4 person. Saya sendiri menggunakan yang 2 person karena lebih sering berjalan duo. Dan ketika solo pun masih mampu mendirikan tenda karena mudah dan free standing.

Kita mulai review materialnya dari atas. Yang pertama tentang outer/flysheetnya. Tenda Naturehike Professional ini outernya berbahan dasar 210T polyester fabric dengan waterproof index PU3000MM. Di Indonesia sendiri rata-rata index hujannya antara 1000-2000MM. Tentu dengan material seperti ini, tenda ini sudah cukup mumpuni untuk dipakai di gunung-gunung Indonesia.

Baca juga: “Rei, Consina, atau Eiger. Ulas Tuntas Mana Yang Terbaik Diantara Ketiganya!

Sementara untuk innernya berbahan dasar half-mesh. Kombinasi antara 210T Polyester dan B3 Breathable Mesh. Kenapa naturehike malah menggunakan jaring? Apa enggak bahaya untuk cuaca dingin? Tentu tidak. Kenapa? Kalau misal di full Polyester malah tidak ada aliran udara yang keluar masuk, akibatnya tidak ada udara yang menyapu tetesan kondensasi dari outer dan malah netes ke dalam tenda akhirnya. Dengan bahan half mesh ini aliran angin akan lebih lancar dan akan menyapu tetesan air dari outer sebelum rembes masuk ke inner. Selain itu saat siang hari tenda juga tidak pengap dan panas.

Sementara untuk alasnya tenda nature Professional ini menggunakan bahan dasar 150D Oxford Cloth. Saya kira naturehike memilih bahan ini karena beratnya yang ringan serta tidak kaku. Menurut saya sendiri bahan ini kurang mumpuni untuk dibawa dimusim hujan karena akan rembes saat ada aliran air dan rawan robek. Namun masalah tersebut bisa teratasi jika kita membuat aliran air di sekitar tenda atau membeli footprint tenda ini. Mungkin naturehike melakukan hal ini karena mengejar budget, jika dengan bahan yang lebih bagus pasti harga tenda ini juga tidak semurah saat ini.

Untuk polesnya sendiri tenda ini menggunakan 7001 aluminum. Lentur serta tahan banting. Selain itu teknologi magnetic-nya memudahkan kita saat memasang poles ini. Tidak mudah lepas saat kita tarik. Selain itu membuat bobot tenda ini juga semakin ringan.

Tenda ini juga memiliki 2 sisi pintu. Dibagian depan dan belakang. Keduanya bisa dibuka secara bersamaan jika diperlukan. Selain itu juga bisa menjadi tempat menaruh barang-barang kita. Untuk volume ruangannya sudah jelas cukup lah untuk tubuh orang Indonesia, malah menurut saya sisa luas. Karena pada dasarnya produk naturehike sudah menggunakan standar tubuh internasional karena pasarnya yang sudah masuk Eropa.

Review Tenda Naturehike Professional Series 2P

KESIMPULAN

Tenda ini sangat admin rekomendasikan. Hal tersebut ditinjau dari berbagai aspek. Outernya yang menggunakan 210T Polyester sudah cukup kuat sekali untuk mengatasi badai saat kita melakukan pendakian. Terlebih jika kita beri flysheet tambahan. Bentuknya yang aerodynamic juga membuat tenda ini lebih aman saat dihantam angin kencang. Hal ini juga tergantung pada posisi pemasangan, asal benar admin jamin pasti aman. Polesnya juga sudah alumunium. Bobotnya juga termasuk ringan. Hanya 1.8kg untuk kapasitas 2 person. Ini tentu menunjang untuk kamu yang ingin punya tenda ultralight tapi juga dengan budget terbatas. Di marketplace Indonesia sendiri rata-rata tenda ini dibanderol mulai harga Rp. 1.100.000 – Rp. 1.250.000.

Admin sendiri beli di salah satu marketplace Naturehike Indonesia yang ada di Tokopedia. Dan alhamdulillah barang mendarat dengan aman, ada tag harganya juga. Hingga terjamin keaslian barangnya.

Terima kasih.

Published by Omar Abdullah

CarrierStory merupakan blog yang berisi konten pendakian dan hal-hal yang berhubungan dengan nature enthusiast. Saya merupakan satu-satunya penulis di blog ini sekaligus pemilik blog ini. Bagi teman-teman yang ingin membagikan cerita pendakiannya, bisa kirim cerita pendakiannya melalui page "Bagikan Cerita Pendakian Anda". Terima kasih.

2 comments on “Review Tenda Naturehike Professional Series 2P”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *