Review dan Hasil Foto Drone DJI Spark, Drone Mungil Favorit Pendaki!

Review Drone DJI Spark, Drone Mungil Favorit Pendaki!
Isi box-nya gan. Dapat dilihat untuk 1 batrai, dan 1 propellernya sudah dijual terpisah. Jadi harga drone DJI SPARK ini lebih murah gan.

Selamat datang and welcome kembali agan-agan semuanya. Beberapa waktu yang lalu saya membeli dan berniat melakukan review pada drone DJI SPARK. Drone ini sangat menunjang kebutuhan videografii saya gan. Drone ini sangat mungil dan ringkes sehingga enak untuk dibawa bepergian gan. Bahkan orang sekelas bung Fiersa Besari pun menggunakan drone ini untuk membuat konten jurnal di channel youtubenya. Oke langsung saja kita masuk ke review Drone DJI SPARK gan.

ISI BOX DRONE DJI SPARK

Review Drone DJI Spark, Drone Mungil Favorit Pendaki!
Review Drone DJI Spark, Drone Mungil Favorit Pendaki!

Untuk yang pertama isi box. Di dalam box yang saya dapatkan hanya Unit DJI Spark, 1 batrai, USB cable, dan 2 propeller cadangan. Karena walaupun sebenarnya unit yang saya beli ini termasuk set DJI Spark Combo saya msaya membelinya second dimana untuk 1 baterai dan RC-nya sudah disendirikan oleh penjualnya untuk mengurangi harganya. Jadi saya membeli 1 buah baterai lagi yang dimana harganya sekitar 700rb-an.

Body Drone DJI SPARK

Kesan pertama saat saya memegang drone ini bodynya terasa sangat solid dan padat. Mungkin untuk urusan body kita nggak perlu banyak membahas karena saya jamin untuk drone sekelas DJI Spark bahan seperti ini sudah cukup kuat.

Review Drone DJI Spark, Drone Mungil Favorit Pendaki!
Review Drone DJI Spark, Drone Mungil Favorit Pendaki!

Kamera Drone DJI SPARK

Beralih ke kamera. Kamera DJI Spark dibekali dengan resolusi 12MP yang mampu merekam hingga 1080p. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Cukup worth it sekali. Selain itu di kameranya juga ada 2 axis gimbal gan. Sehingga bisa meredam goyangan ketika kita melakukan movement saat merekam videonya. Jika dilihat di live view memang masih ada getaran karena gimbal ini hanya 2 axis, namun setelah masuk ke editing cukup tambah efek stabilizer tipis saja video dari DJI SPARK ini sudah sangat smooth gan.

Daya Tahan Baterai DJI SPARK

Untuk daya tahan baterai DJI SPARK ini hanya mampu bertahan hingga 16 menit kotor. Artinya waktu 16 menit tersebut masih terpotong untuk on/off drone, setting drone sebelum take off dll. Jadi 2-3 batrai cadangan sangat disarankan. Harganya di marketplace dikisaran 700rb-an untuk yang original dari DJI.

Fitur dan Performa Drone DJI SPARK

Hasil Foto Drone DJI Spark
Hasil Foto Drone DJI Spark. Loc: Pantai Pulau Merah

Drone DJI SPARK ini juga dibekali dengan fitur 3D sensing system dan dual-band GPS. Terdapat 2 sensor obstacles di depan dan dan dibagian bawah drone. Ketika ada obstacles di depan dalam jarak 5m otomatis drone ini akan berhenti otomatis. Begitu juga untuk sensor yang dibagian bawah. Jika pada saat landing dibawah terdapat objek seperti air, rumput yang terlalu tinggi, ranting, ataupun kemiringan tanah yang terlalu curam otomatis drone DJI SPARK ini akan berhenti. Dan ketika saya test pun sangat akurat. Cukup membantu untuk saya, mengingat ini kali pertama saya menerbangkan drone.

Jika menggunakan remote control drone DJI SPARK ini mampu terbang hingga radius 2km. Sementara jika hanya menggunakan smartphone hanya mampu terbang hingga radius 100 meter dengan ketinggian 50 meter. Untuk saat ini saya hanya menggunakan smartphone. Sempat ada trouble saat saya menggunakan di daerah dengan banyak wifi yang ternyata menganggu jaringan wifi yang ada di drone ini hasilnya di radius 30 meteran sempat lost connection. Namun pastinya masalah ini tidak berlaku jika kalian menggunakan remotenya.

Hasil Foto Drone DJI Spark. Loc: Pantai Pulau Merah
Hasil Foto Drone DJI Spark. Loc: Pantai Pulau Merah

Walaupun hanya menggunakan smartphone drone DJI SPARK ini tidak mengurangi fiturnya. Ada 4 fitur yang bisa kita gunakan dalam Drone DJI SPARK ini yaitu Quick shot, active track, tap fly, dan gesture control. Seluruh fitur bisa digunakan walaupun hanya menggunakan smartphone. Uniknya lagi jika kita tidak menggunakan smartphone kita pun masih bisa menerbangkan drone ini.

Dengan fitur gesture control ini bisa menggerakkan drone ini menggunakan tangan kosong. Drone DJI SPARK ini akan mengenali gerakan dari tangan kita. Bahkan sampai radius 20 meter hanya menggunakan tangan kosong. Dalam prakteknya saya sedikit kesulitan karena berkali-kali drone DJI Spark ini tidak mengenali gerakan saya. Namun di radius 15 meteran drone ini masih cukup gesit mengikuti gerakan tangan saya. Selain itu ada juga fitur kemanan Return to Home yang mana bila kita kehilangan koneksi dengan drone DJI SPARK ini otomatis drone ini akan kembali terbang secara otomatis ke titik awal dia take-off.

Hasil Foto Drone DJI SPARK

Hasil Foto Drone DJI Spark.
Hasil Foto Drone DJI Spark.

Diatas adalah hasil fotonya gan. Untuk konstrasnya lumayan tinggi. Sementara untuk detail-detailnya sudah sangat cukup. Untuk drone dengan harga segini sangat worth it sekali gan. Di dalam aplikasi DJI GO 4 agan sekalian juga bisa menggunakan fitur manual exposur sehingga agan semuanya bisa settting iso, shutter, dan diafragma sesuai kemauan agan. Dalam mode foto juga banyak fitur yang bisa digunakan seperti burst, panorama, dll. Jadi menurut saya untuk kualitas hasil kemeranya bisa dikatakan 9/10 gan.

Harga Drone DJI SPARK

Untuk harganya sendiri untuk yang versi combo sekitar 6 – 7 juta sudah termasuk remote control. Untuk di kelas entry-level drone ini cocok sekali untuk travelling. Untuk membuat video-video konten travelling drone masih cukup mumpuni gan. Bahkan sekelas bung Fiersa Besari di konten Jurnal di channel youtubenya pun masih menggunakan drone DJI SPARK ini gan. So sangat direkomendasikan sekali bila agan-agan ingin membeli drone untuk pertama kali beli drone DJI SPARK ini gan. Sangat cocok sekali untuk kita yang senang berkegiatan di alam. Bodynya yang mungil serta fitur sensor keamanannya menjadikan drone ini sangat fleksibel dan dan lincah. Oke cukup sekian dulu review kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan langsung tanyakan di kolom komentar ya gan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *