Pantai Kelan di Bali

First Impression to Bali. Modal Backpacker Bisa ke Bali?

Pantai Jerman Bali
Pantai Kelan

Jika menyebut Bali, pasti pikiran kita langsung menyebut “Pariwisata, pariwisata, dan pariwisata,”. Iya Bali bisa dibilang surganya pariwisata. Bagaimana tidak, hampir seluruh kegiatan ekonominya bergantung pada sektor pariwisata. Bahkan penduduk Bali melarang ada gedung yang dibangun di Bali agar Bali berkembang menjadi kota pariwisata bukan kota industri.

Karena itulah yang memotivasi saya untuk melancong ke Bali. Namun pernah beberapa kali baca di beberapa artikel di Google tentang living cost di Bali, ternyata cukup mahal. Hal tersebut terjadi karena banyaknya konsumen di Bali yang berasal dari luar negeri hingga kebanyakan penjual di Bali memasang dengan harga mahal. Lalu muncul pertanyaan, bisakah kita ke Bali hanya bermodalkan budget backpacker?

Ok singkat cerita tanggal 20 juni 2019 saya berangkat dari rumah saya menuju Bali. Tepat jam 20.00 WIB saya sudah dijemput  oleh travel pesanan saya yang akan mengantar saya sampai Bali. Setelah  itu travel mulai menjemput penumpang yang lain. Setelah full travel langsung gas ke utara menuju pelabuhan Ketapang.

Sampai Pelabuhan Ketapang

pelabuhan ketapang banyuwangi

Tepat jam 23.00 WIB kami sampai pelabuhan Ketapang. Setelah travel masuk kapal seluruh penumpang turun dan menuju kabin kapal. Ombaknya lumayan besar namun masih dalam batas aman. Selain itu antrian kendaraan juga terlihat ramai lancar. Segera saya mengambil posisi untuk duduk di kabin kapal.

Seat yang disediakan didalam kapal

Didalam kapal ini kita disediakan fasilitas toilet gratis selain itu juga ada toko kecil-kecilan yang menyediakan makanan ringan dan beberapa snack.

Bagasi kendaraan yang berada di bawah

Sekitar 1 jam perjalanan sampailah saya di pelabuhan Gilimanuk, Bali tepat pukul 01.00 WITA.

Sampai Pelabuhan Gilimanuk, Bali

Satu per satu penumpang mulai kembali ke  kendaraan masing-masing. Ada yang menggunakan mobil, motor, dan truck. Tak terkecuali saya. Saya mulai kembali ke travel saya. Travel langsung melesat ke arah timur menuju Denpasar. Melewati hutan-hutan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Setelah 3 jam perjalanan travel saya berhenti. Saya kira hendak isi bahan bakar, ternyata benar. Tapi yang diisi ternyata bahan bakar pak supirnya alias Makan, hehe. Saya pun ikut turun dan makan. Dengan lauk telur, paha ayam, pecel, dan nasi tentunya saya menyantap sarapan saya pagi itu. Harganya sekitar 20rb an, tentu harga yang wajar karena ini warung pinggir jalan raya provinsi, apalagi posisinya yang masih jauh dari kota. Setelah selesai makan, travel kembali melesat dan mulai mengantar satu per satu penumpang.

Sampai Kuta, Bali

Saat itu tujuan saya di Bali menuju kost kakak saya yang berada tidak jauh dari Airport Ngurah Rai disekitar Kuta. Setelah travel kesana-kemari mengantar penumpang kini giliran saya. Saya yang saat itu belum pernah ke Bali hanya bilang daerah Jl. Kubu Anyar karena dari rumah saya hanya diberi alamat seperti itu oleh kakak saya dan janji akan dijemput. Untungnya pak supirnya paham dan langsung mengantar saya. Saya bilang ke pak supirnya “Turunkan dimana saja pak asal daerah jl kubu anyar karena nanti saya dijemput.” Tepat di depan Indomart saya turun, dan langsung menghubungi kakak saya. Waktu itu sekitar jam 06.00 WITA pagi. Setelah saya disusul, langsung kami menuju kost. Sampai disana tentu kalian tau cerita selanjutnya. Iya, tiduuuurrr. Wkwwkw.
Ok singkat cerita saja gan, saya bangun sekitar jam 2 siang. Asslii mager parah. Efek semaleman diperjalanan. Gabut cuman main hp scroll kesana-kemari. Lalu muncul ide nekat. Mendadak browsing destinasi wisata dekat sini. Lalu ada beberapa pantai yang direkomendasikan sama Google, salah satunya pantai Kelan. Dari pertama liat gambarnya di Google saya sudah penasaran abis. Karena posisi pantainya yang bersebelahan langsung dengan landasan pacu Bandara Ngurah Rai. Tanpa pikir lama saya mandi, makan, dan langsung order Gojek menuju pantai Kelan.

Kelanjutan ceritanya akan saya update di artikel berikutnya agar tidak terlalu panjang artikel ini gan. Hehe. Terima kasih.